RESOLUSI 2015: POTENSI TERHADAP AMBISI


tumblr.com

Menulis resolusi bukan di akhir tahun menjelang tahun baru malah menulis di minggu pertama bulan Januari. It doesn’t matter lah ya hehehe yang penting masih terkesan tahun baru.

Well, saya tidak pernah menulis resolusi tahun baru sebelumnya. Never. Even once. Karena saya menjalani hidup sepanjang tahun yang targetnya sering berubah seiring perkembangan tahun saat itu. Mungkin ada sih, terbersit sedikit untuk menuliskan harapan apa yang akan dicapai di tahun tersebut. Tapi langsung saya sampaikan pada Yang Maha Mengabulkan Permohonan… dan beberapa harapan dan doa pun terkabul. Tanpa menulis resolusi awal tahun.

But now, saya tertantang untuk membuat resolusi tahun 2015. This cheesy challenge brought to me by myself. Untuk apa? Agar saya mendapatkan kemudahan untuk mengevaluasi ambisi dan potensi yang saya miliki. Evaluasi tersebut kemudian akan saya jadikan pelajaran atau mungkin goal-goal baru dalam hidup saya. So, I’m gonna start it with bismillahirramaanirrahiim….

1.       Ambisi  : having myself a bikini body (mengencangkan bagian yang seharusnya kencang)
Potensi : meluangkan waktu 10-15 menit untuk workout setiap hari dengan menu workout yang berbeda; mempelajari menu workout yang tepat; memiliki alat penunjang seperti matt, dumbbell, sport bra, skipping rope, running shoes, swimsuit, and other sportwears.
2.       Ambisi  : menulis di rubrik psikologi majalah-majalah remaja atau parenting
Potensi : meluangkan waktu saat weekend untuk mencari data mengenai what’s happening now; mencari cara untuk bisa mengirimkan tulisan; mempelajari how to write psychology in a right way.
3.       Ambisi  : go abroad (either for study abroad or holiday)
Potensi : nothing but definitely saving; punya paspor dan visa; mempelajari destinasi
4.       Ambisi  : becoming a polyglot (sounds impossible but, yeah I’m gonna make it)
Potensi : mempelajari daily conversation and vocabulary beberapa bahasa dari youtube; have friends who use those languages or natives
5.       Ambisi  : INTERNSHIP
Potensi : mencari link lembaga, biro, sekolah, atau rumah sakit yang menawarkan internship untuk mahasiswa semester akhir; mempelajari minat
6.       Ambisi  : Metpen 2 - UP - Skripsi - Sidang
Potensi : liburan harus disibukkan dengan mencari topic; serius saat metpen 2; memilih dosen pembimbing dan subjek yang sekiranya memudahkan penelitian
7.       Ambisi  : get into “menanam saham”
Potensi : nothing but learn more about it, start it well, keep on eyes
8.       Ambisi  : having myself a peacefully heart
Potensi : menjalankan ibadah sunnah dengan menu ibadah yang berbeda setiap harinya.


Ambisi di sini adalah apa yang ingin saya capai, laksanakan, selesaikan, atau miliki. Sementara potensi adalah apa yang dapat saya lakukan, kemampuan apa yang saya miliki, bagaimana eksekusinya, serta kemungkinan apa saja yang akan saya hadapi. Maka, demi merealisasikan ambisi, saya harus menghadirkan potensi-potensi tersebut dalam hidup saya, diiringi dengan niat dan doa. Tentu ambisi yang telah tercapai juga hasil dari terkabulnya harapan-harapan yang disampaikan kepada Yang Maha Baik.

Yang jadi pertanyaan adalah tentang waktu. Everything should have deadlines, they said. Saya tidak membatasi ambisi, bisa berubah sesuai keadaan diri saya di situasi tertentu. Atau bahkan tiba-tiba ambisi saya bertambah akibat dari hadirnya orang-orang insipiratif di sekitar saya. Maka, beberapa ambisi tidak saya beri deadline pencapaian, maksudnya agar saya tetap mengembangkan potensi. Seperti pada poin 1, 2, 4, 7, dan 8.

Poin-poin ambisi dan potensi tersebut perlu saya miliki dan kembangkan sepanjang hidup saya. Saya tidak boleh puas dengan hasil pada poin 1 di suatu waktu namun kemudian saya tidak mempertahankan apa yang telah saya capai. Karena saya butuh itu selama saya hidup, seperti pada poin 8, everybody want to have a peacefully heart, living in the right way as what they dreaming of, and have no worry about the life after die.

Kalau begitu, mesti ada beberapa poin yang harusnya diberi deadline pencapaian. Ya. Saya mampu berencana, saya mampu menuliskannya tapi mungkin tidak di sini. Let those deadlines secretly saved for myself.

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga tulisan sederhana mengenai RESOLUSI 2015. Saya diberikan kemampuan untuk mengembangkan potensi; saya diberikan pemahaman bahwa sesuatu yang ingin dicapai hendaknya disertai dengan usaha yang tulus dan doa dengan segala kerendahan hati. Semoga kita semua diberikan umur panjang yang berkah sehingga mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan mimpi dan harapan. 2015 HERE I GO!


Share this:

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 Feed Back:

Posting Komentar