Ouch, LDR!

Haloooo. Lagi bersih-bersih blog nih, udah berabad-abad gak ngeblog lagi. Kali ini mau sharing curhatan temen gue yang kali aja bisa jadi pelajaran atau mungkin punya kisah yang mirip. Hihihi.

Ya, nama temen gue Maudy. Sekarang ini dia lagi ngejalanin LDR (Long Distance Relationship) sama pacarnya, Arya. Sekarang Arya kuliah di Kanada. Hubungan Maudy dan Arya udah berjalan hampir 3 tahun. Arya ke Kanada saat usia pacaran yang hampir setahun. Jadi bisa dibilang Maudy dan Arya udah lama banget LDR-annya.

Arya pulang ke Indonesia cuma setahun sekali, dan itupun cuma sebulanan. Pertamanya si Maudy oke-oke aja dengan LDR tapi lama kelamaan si Maudy galau mulu kerjaannya.

Ada beberapa alasan yang bikin Maudy uring-uringan kurang lebih 6 bulan belakangan. Pertama, beda waktu yang jauh yaitu 14 jam booo. Gila aja. Kalo misalnya sekarang jam 5 sore hari Sabtu di Jakarta, di Vancouver lagi jam 3 pagi hari Sabtu. Di saat si Arya lagi pules tidur, di sini lagi panas-panasnya matahari. Apalagi pas puasa, di sini udah mau buka, eh di sana baru mau sahur. Hmm..

Kedua, biaya komunikasi yang mahal. Jangan harap si Maudy bisa sms-an atau bahkan telponan. Boro-boro. Palingan mereka skype, dan texting via line messenger. Dan karena Arya adalah anak rantauan yang gak punya duit banyak, jadinya gak banyak juga kuota internetnya buat begitu-begituan.

Ketiga, udah pasti kangen gila-gilaan. Secara si Arya pulang setahun sekali, dan itu juga gak janji…

Jadinya bisa dibilang hubungan mereka kayak antara ada dan tiada. Mereka jadi sering berantem karena mau ngobrol aja sulit. Sekalinya ada waktu buat ngobrol, ngebahas LDR, eh malah jadi berantem. Berat ya LDR gini. Nasip.

Maudy udah deket banget sama keluarganya Arya. Dan sebaliknya. Jadi katanya sayang kalo mau udahan atau putus. Karena mereka udah ngerasa sama-sama serius dan keluarga ngedukung.

Yang jadi konflik besar antara mereka berdua adalah akhir-akhir ini Arya punya temen baru. Cewek. Indonesian, yang sama-sama lagi kuliah di Vancouver, di universitas yang sama tapi beda jurusan. Namanya Safira. Tempat tinggal Arya dan Safira juga gak begitu jauh katanya. Cuma berjarak 3 blok. Yagitudeh.

Safira ini deket banget sama Arya karena Safira junior yang baru pertama kali ke Kanada. Jadi Arya yang biasa nemenin Safira pergi kemana-mana karena dia gak tau jalan. Arya juga sering ke rumahnya Safira karena Safira suka masak masakan Indonesia yang jarang ada di sana.

Tapi kalo Arya lagi ke rumahnya Safira, dia gak pernah sendiri, minimal Arya bawa temennya yang namanya Vino. Vino itu temen deket Arya dari Indonesia juga dan udah kenal baik sama Maudy. Dan Maudy juga tau tentang kehadiran Safira ini dari Vino bukan dari Arya…

Maudy agak kesel sama Arya yang gak cerita-cerita tentang Safira ini. Vino juga kaget Maudy ternyata gak tau tentang Safira, dikira Arya udah cerita banyak ke Maudy. Sejak saat itu Maudy nanya ke Arya dan mulai cerita tentang Safira dan apapun hal-hal yang mereka lewati di sana.

Awalnya Maudy gak curiga apa-apa tentang Safira yang ‘kakak-adek’an sama Arya. Tapi lama-lama kok si Safira ini genit dan manja banget ya sama Arya? Dan parahnya si Arya iya-iya aja lagi sama permintaannya si Safira.

Emang sih kata Maudy si Arya itu orangnya gak tegaan dan terlalu ramah sama orang lain. Setau gue juga, Arya itu orangnya asik diajak ngobrol dan murah senyum. Mungkin Safira melting gimana gitu kali ya ngeliat ada cowok baik, ramah, apalagi Safira sendiri dan butuh temen di sana.

Safira jadi sering nganterin makanan ke rumahnya Arya. Alasannya sih lagi nyoba resep masakan baru trus pengen Arya dan Vino nyicipin gitu. Kira-kira tiap hari minggu pagi Safira selalu nganterin makanannya.

Lah Arya sama Vino ya seneng-seneng aja dong dibawain makanan gratis. Gue aja seneng, apalagi anak rantauan yang jarang nemu nasi begitu. Ya gak? Hahaha. But seriously, kalo keseringan juga pasti curiga dong ada udang dibalik tempura ehehehe alias pasti Safira ada maksud tuh rajin nganterin makanan begitu. Hmmmm

Suatu hari, Vino laporan ke Maudy (trus Maudy curhat ke gue) bahwa Safira ulang tahun. Kejadian ini kira-kira berlangsung akhir bulan Mei kemarin. Jadi pas lagi jalan rame-rame di situ ada Arya, Vino, Safira, Gina, dan Willy (temen-temen Indonesia yang lain) dan makan di suatu café, tiba-tiba Safira bilang kalo besoknya dia ulang tahun. Temen-temen yang ada di situ langsung pada bilang “cieee ulang tahun cieee…”

Iya, gak dimana gak dimana orang Indonesia tuh gitu ya, apa-apa di-cie-in…

Oh iya, lupa nyeritain, bentuk fisik dari beberapa orang yang gue sebutin di atas. Biar ada bayangan aja. Hehehe.

Maudy itu anaknya lumayan tinggi sekitar 160an cm, rambutnya poni lurus, kulit putih, mata sipit, kalo ketawa gak control dan penakut level maha tinggi. Kalo Arya ya itu tadi, ramah, murah senyum, asik, tinggi sekitar 170an cm, badan atletis, ada lesung pipi, kulit coklat terang.

Kalo Vino (menurut penuturan Maudy) itu tinggi sama kayak Arya, kurus, rambut sebahu, pake kacamata, anaknya iseng tapi baik hati. Nah, bagaimana dengan Safira? Pasti penasaran hahaha.

Safira itu… menurut penuturan Vino, dia anaknya manja, narsis, tinggi sekitar 165an cm, agak berisi, kulit putih, rambut ikal, matanya sayu. Entah kenapa pas gue diceritain gini jadi ngebayangin Sarah Azhari hahaha

Dan gue juga sempet dikasih liat fotonya sih. Iya, memang begitu tampangnya.

Lanjut, ternyata sepulang dari café itu Safira bilang ke Arya kalo dia pengen boneka tweety yang ada di supermarket di kota itu buat hadiah ulang tahunnya. Ya kalo kata gue sih itu semacam kode lah. Dasar cewek jomblo, demennya kode-kodean hih.

Setelah itu, Arya cerita ke Vino yang serumah sama dia. Dikirain si Vino ini juga diceritain sama Safira tentang boneka itu. Ternyata Safira Cuma cerita ke Arya aja. Huwow! Udah ngerti lah ya maksudnya si Safira apa? *eyes lashes*

Arya bingung apa yang harus dia lakukan. Seperti yang gue bilang, Arya itu orangnya gak tegaan dan Safira udah dianggep adek sama si Arya ini. Kalo gue jadi Arya sih udah fix banget itu mah gak gue beliin. Dih, ngapain beliin cewek lain kado padahal udah punya pacar kitanya? Terlebih si pacar gak tau kita mau beliin hadiah ultah ke orang lain :(

Vino melarang Arya beliin kado buat Safira. Ya soalnya Vino udah deket sama Maudy dan gak mau kalo sampe Arya dan Muady berantem. Apalagi gara-gara Safira.

Arya akhirnya memutuskan untuk memberi gantungan kunci bertuliskan ‘Have A Good Day’ lumayan gede. Kalo Vino ngasih foto mereka berlima yang liburan ke Ottawa beberapa minggu lalu trus ada frame yang ditulis ‘Friendship Never End’ pake spidol permanen hahaha.

Besok-besoknya Arya dan Safira ketemunya makin intens. Dikit-dikit ketemuan trus jalan bareng juga. Dan ternyata selalu Safira yang ngajak ketemu dan jalan. Tapi Arya tiap kali diajakin pasti juga ngajakin Vino. Tapi Vino juga ga tiap kali diajak langsung bisa. Jadinya ada beberapa kali Arya jalan berdua Safira.

Sekali lagi, Arya orangnya gak enakan. Bisa jadi terlalu baik sama semua orang. Meurut gue Safiranya aja yang salah nangkep arti dari perilaku Arya. Padahal Safira udah tau kalo Arya udah punya pacar.

Maudy cerita sampe nangis-nangis segala. Ada suatu ketika dimana Safira confess attraction gitu ke Arya. Parah, ganjen banget nih cewek.

Jadi waktu itu Safira (untuk kesekian kalinya) ngajakin Arya makan di suatu café malem-malem. Kebetulan Arya mau pulang dari rumah temennya dan bakal lewat café itu, jadi Arya iyain aja.

Udah selesai makan Safira bilang kalo dia suka sama Arya dan pengen hubungan yang lebih dari temen. Ya ampuuun, cewek macem apa diaaa?? Nih ya, udah tau cowok yang ditaksirnya itu udah punya cewek. Masih ajaaa! Hih! *emosi*

Gue sebagai temen Maudy yang Cuma denger ceritanya aja, gak langsung ngerasain perasaannya Maudy, gue ikutan sedih. Gak kebayang kalo gue yang di posisi Maudy. Pasti berasa insecure banget. Banget.

Tapi ternyata Arya gak mempunyai perasaan yang sama kayak Safira. Fiuh. Jadi Arya bilang kalo dia gak bisa lebih dari temen sama Safira. Arya juga coba jelasin kalo dia serius sama Maudy dan gak mau ninggalin Maudy yang dia percaya bakal nungguin dia. Akhirnya Arya juga bilang kalo dia gak punya perasaan lebih ke Safira yang menurut gue udah keGRan stadium akut.

Eeeh ternyataaa, cerita belum berakhir. Malam itu ditutup dengan Safira nangis dan meluk Arya dan bilang kalo dia bakal tetep nungguin Arya, bakal tetep sayang sama Arya, dan parahnya dia bilang bakal berusaha lebih untuk jadian sama Arya…

Serius deh, apaan banget cewek kayak giniii. Mau jadian aja maksa banget sih. Kayak gak ada yang lain aja yang bisa digaet.
Kalo gue jadi Arya mah pasti serem deh ditaksir sama cewek kayak gini.

Dari curhatan temen gue di atas, ada beberapa hal yang gue tanggepin. Kalo dari sisi Maudy, pasti sakit hati banget sama Safira ini. Tapi bisa juga sebel sama Arya karna mau-mau aja diajakin ini itu sama orang baru, trus si Arya gak peka banget lagi sama sinyal-sinyal Safira yang kegenitan.

Mungkin Maudy udah denger jutaan kali orang-orang bilang “kuncinya LDR itu ya percaya dan sabar.” Nah, menurut gue percaya dan sabar itu emang kunci sukses LDR tapi gak sesimpel itu lho sodara-sodara. Sepercaya-percayanya kita sama pacar yang lagi jauh, apa gak was-was kalo denger ada cewek lain yang naksir dan DEKET?! Apa gak curia kalo pacar di sana jalan berdua sama cewek lain yang jelas-jelas lagi naksir pacar kita? Karena… hati… siapa yang tau?

Dan sesabar-sabarnya kita nungguin pacar pulang, pasti ada rasa kangen yang bikin pengen nangis sejadi-jadinya. Kedengeran lebay sih, tapi serius deh kalo lo lagi ngalamin pasti nangis karna kangen tuh kayak berasa rapuh banget. Kita kangen, dan dianya juga kangen. Tapi gak bisa berbuat apa-apa secara fisik. Kangen pengen meluk, pengen pegang tangannya, nyium wangi parfumnya… hal-hal itu yang gak bisa didapetin pasangan LDR. Sumpah, sedih.

Ya Maudy mau marah segimanapun, mau nangis berapa liter air matapun gak bakal ngerubah keadaan di Vancouver instantly. Gak bikin Arya ujug-ujug dateng nemuin Maudy, meluk trus bilang “Don’t worry, everything is gonna be okay, aku sayang kamu…” sambil ngusap rambutnya.

Kalo dari sisi Arya, ya mungkin emang dari sononya dia orang yang susah nolak. Ada beberapa orang di dunia ini yang begitu. Untungnya dia masih punya hati, masih mau ngejaga perasaan pacarnya dan emang keliatan banget Arya orang yang dewasa dalam bertindak.

Tapi sebenernya coba deh, jangan terlalu gampang mengiyakan ajakan seorang lawan jenis apalagi yang menjurus kea rah ‘jadian yuk’ terlebih kita punya pacar. Iya kalo kita bisa nolak, kalo malah suka juga kan repot. Ya semoga aja, perasaan Arya ke Maudy masih tetep kayak gini walopun mereka LDR gini.

Mungkin ada saat kita butuh seseorang yang nemenin sehari-hari kita, iya pacar maksud gue. Dan saat itu pacar lagi jauh dan yang ada malah orang lain yang lebih deket secara fisik tapi gak secara hati. Get it? Di saat itu emang rentan banget terjadi yang namanya berpaling hati. Lupa sama yang lama ketika ketemu yang baru, yang lebih lebih dari yang lama.

Kalo kata Johny Depp, “If you love two people at the same time, choose the second one, because if you really loved the first one you wouldn’t have fallen for the second.”

Pilihlah dia yang menemani kita saat mendaki gunung hingga puncak, bukan dia yang kita temui di puncak.

Kalo dari sisi Safira… duh, udah gak ngerti lagi gue. Ini namanya ngambil kesempatan dalam kesempitan. Kesempitan orang lain lebih tepatnya. Hmmm. Yaa mungkin dia emang tergila-gila dan gak bisa nahan perasaannya ke Arya. Ada kok orang yang  kayak gini, adaa. Bahkan ada malah pacar temen sendiri diembat juga, hih ada.

Tapi alangkah lebih baik jika udah mengutarakan perasaan dan ternyata bertepuk sebelah tangan KARENA ALASAN YANG JELAS, LOGIS, DAN BIJAKSANA… semenyakitkan apapun mau gak mau kita terima demi kesejahteraan bersama. Caelah. Eh beneran deh, bayangin kalo Arya tetiba mutusin Maudy dan jadian sama Safira. Gak nutup kemungkinan nantinya nasibnya Safira juga bisa sama kayak Maudy. Ye ga?

Selalu. Everything happen for a reason. Walopun reason-nya itu bikin kita gregetan dan susah diterima.

Bersyukurlah kamu-kamu yang bisa dengan gampangnya  ketemu kalo kangen, yang bisa ngusap air mata kalo lagi nangis, yang bisa meluk kalo lagi marah, yang bisa memegang tanganmu erat seakan tak mau kehilangan, yang bisa merangkul kalo lagi lelah, dan yang bisa mendengar cerita hari-harimu secara langsung tidak terpisahkan jarak dan waktu yang begitu jauh.

Beneran, ini jadi pelajaran banget buat gue. Walopun gue gak lagi ngalamin LDR (dan semoga gak pernah ngalamin), tapi jadi note to self bahwa hubungan itu dua orang yang jalanin. Mau jauh kayak antara Jakarta – Vancouver yang beda 14 jam sekalipun, kalo jalannya bareng-bareng, serius, sabar, saling ngingetin dan saling jaga hati serta tujuannya jelas… percayalah, Tuhan tuh gak tidur, Dia tau mana yang serius ngejalanin mana yang main-main, mana yang pantes diberi kebahagian atas usahanya mana yang cuma berharap.

Sometimes you have to be apart from people you love, but that doesn't make you love them any less. Sometimes you love them more...

Semoga jadi pelajaran juga buat kita semua. Dan bagi yang LDR… semangat yaa, inget pesen gue tadi hahaha yang itu lho Tuhan tuh gak tidur…

Cuma pengen sharing aja, dan udah dapet izin juga dari yang punya curhatan untuk ditampilin di blog gue yang udah berdebu ini. Hiks. Nantikan sharing-sharing pengalaman selanjutnya hehe.



Akhir kata, wassalam.



Share this:

JOIN CONVERSATION

4 Feed Back:

  1. true story banget namanya aja gak ada yang di ubah nih pemeran utamanya kan @maudygitania nice ka ceritanya:)

    BalasHapus
  2. "Maudy itu anaknya lumayan tinggi sekitar 160an cm, rambutnya poni lurus, kulit putih, mata sipit, kalo ketawa gak control dan penakut level maha tinggi."

    kalo ketawa gak kontrol,kontrolnya ini dia ketawanya sambil makan orang, mukulin orang, atau bisa ketawa sampe muntah lintah?? -.-

    nice posting sist. ngomong-ngomong udah dapet ijin dari jeng Maudy kan buat share ceritanya? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dilihat di paragraf sebelum gambar kalo gue udah dapet izin ngepost ini.

      Hapus