Jangan Ngaku-Ngaku Punya Fobia Agar Terlihat Keren



“Gue tuh fobia sama kecoa! Hiii ngelihatnya di kamar mandi aja gue bisa langsung kabur!”
“Kalau gue takut banget sama badut sirkus yang dandanannya serem gitu. Gue fobia banget. Jangan sampai deh gue ketemu sama badut kayak gitu!”

Mungkin di antara kita udah sering mendengar pernyataan kayak di atas. Banyak orang yang ngaku-ngaku punya fobia terhadap sesuatu, entah beneran telah didiagnosa oleh psikolog atau hanya pengakuan diri sendiri. Fobia itu ketakutan yang ekstrim dan irasional. Seseorang yang beneran fobia walaupun nggak menghadapi langsung objek atau situasi yang ditakutkan, tapi terlintas di pikiran aja bisa langsung mengekspresikan rasa takut dan panik yang berlebihan.

Padahal fobia itu nggak sama artinya dengan hanya takut terhadap sesuatu. Lebih dari itu, fobia itu termasuk ke dalam golongan gangguan kesehatan mental. Artinya, banyak gangguan atau disfungsi secara psikis yang disebabkan oleh rasa takut yang berlebihan. Jadi, bukan hanya sekedar merasakan takut.

Apalagi yang katanya fobia kecoa. Halah. Coba deh, bedain mana yang namanya fobia, mana yang namanya takut, dan mana yang namanya jijik! Kalau saya sih nggak pernah ngaku fobia kecoa, tapi jijik sama kecoa dan takut kalau kecoanya tiba-tiba terbang nyamperin saya. Kalau orang fobia kecoa, perilakunya bukan cuma meringis, merinding, atau kabur. Tapi udah sampai sesak nafas, denyut jantung jauh lebih cepat, keringat jagung, sampai pingsan di tempat. Bukan yang hanya panik lalu nyari obat nyamuk semprot. Mereka yang benar-benar fobia nggak akan bisa mikir mau ngapain dan gimana bisa survive di depan objek fobia. Pokoknya tersiksa secara psikis dan capek secara fisik, deh!

Kita dianugerahi rasa takut dengan kadar tertentu terhadap hal-hal tertentu pula. Satu sama lain pastinya berbeda. Ada orang yang berani main bungee jumping sampai ketinggian ratusan meter di atas permukaan laut, tapi ada juga yang merem-melek saat melihat ke bawah dari atas puncak gedung. Ada yang takut banget sama hewan buas seperti ular, tapi ada juga yang bisa memeliharanya dengan baik. Lalu, apa yang membuat kita berbeda? Jawabannya adalah karena pengalaman hidup seseorang itu berbeda satu sama lain. Nggak mungkin ada yang sama persis.

Nah, fobia itu muncul akibat adanya pengalaman yang menakutkan. Entah memang terjadi sesuatu yang negatif, merugikan atau membahayakan setelah mengalami suatu kejadian atau karena kita memiliki antisipasi yang berlebihan terhadap suatu kejadian sehingga yang ada dipikiran kita adalah takut yang ekstrim untuk menghindari kejadian tersebut. Ada juga sumber yang menyebutkan bahwa ada orang yang secara genetis memiliki kecenderungan untuk lebih cemas dibandingkan dengan orang lain. Jadi respon yang muncul akan selalu berlebihan.

Sederhananya, seseorang mengalami fobia karena ada insiden yang membuatnya trauma, stress, dan panik. Di kemudian hari, ketakutan yang dirasakan saat insiden bisa aja muncul karena ada objek yang mengingatkannya pada insiden tersebut. Terutama insiden atau kejadian yang memalukan, membahayakan, sampai kejadian yang mengancam nyawa.

Kalau gitu, gimana kita bisa yakin kalau kita mengalami fobia atau nggak? Salah satu ciri yang paling utama adalah adanya gangguan secara psikis dan perubahan fisik. Secara psikis, seseorang yang beneran fobia akan mengalami kecemasan yang intens sampai mengganggu fungsi basic-life, seperti nggak mau keluar rumah, susah konsentrasi, nggak bisa tidur, nggak nafsu makan dan sebagainya. 

Parahnya lagi, kecemasan ini bisa berlangsung selama 6 bulan! Waduh!
Perubahan fisik pun ada seperti deg-degan parah, tubuh jadi lemas, keringat dingin, gemeteran, pusing dan mual-mual hingga pingsan. Tuh, kan… fobia itu bukan hanya takut lalu hilang, tapi juga udah menyerang pikiran dan badan.

Benar nggak sih fobia itu ada banyak macamnya?
Pasti pernah baca ya facts tentang nama-nama fobia. Misalnya claustrophobia, trypophobia, agoraphobia, dan masih banyak blablablaphobia lainnya. Diperkirakan ada seratus lebih penamaan fobia yang bikin kita mikir, “Emang ada ya orang yang sebegitu takutnya sama ini?”

Faktanya, memang fobia itu macam-macam. Tapi sebenarnya dalam psikopatologi, fobia dibedakan atas dua, tergantung dari stimulus atau apa yang bikin takut. Dua hal itu adalah specific phobias yang terdiri dari fobia terhadap objek tertentu dan fobia terhadap situasi tertentu. Fobia yang pertama adalah mereka yang fobia terhadap binatang (laba-laba, ular, anjing), lingkungan alam (ketinggian, air, badai), darah-suntikan (jarum suntik, prosedur medis). Kalau fobia situasi itu seperti takut naik pesawat, lift, berbicara di depan umum, masuk ruangan sempit dan fobia lain seperti kejadian-kejadian spesifik.

Banyak juga hal yang sebenarnya umum ditakuti oleh orang-orang dan ketika kita takut sama hal tersebut tentu kita tidak otomatis mengalami fobia. Misalnya nih, melihat badut sirkus yang mukanya serem banget. Bukan berarti kita fobia terhadap badut sirkus. Itu karena emang dasarnya si badut menakutkan, hampir semua orang juga akan takut kalau ngelihat badut sirkus apalagi ditambah situasi malam yang gelap dan berjalan mendekati kita. Ya iyalah!


Atau mungkin begini. Kita masuk ke lorong gua yang sempit banget. Lalu kita merasa panik dan lemas. Bisa jadi kita mengalami claustrophobia. Tapi setelah itu, kita bisa naik lift yang kecil dan sempit dengan perasaan biasa aja atau blusukan ke pemukiman pendudukan yang rumahnya dempet-dempetan dengan perasaan biasa aja tanpa takut dan panik. Kalau begitu kita nggak bisa melabeli diri dengan mengalami claustrophobia karena di situasi lain yang mirip, kita masih bisa survive tuh!

Jadi, apakah fobia itu harus semua situasi atau bendanya kita alami?
Maksudnya, kita nggak bisa bilang kalau kita fobia A atau fobia B kalau kita hanya berhadapan dengan situasi atau benda yang menakutkan saat pertama kali kita merasa takut. BApalagi kalau perasaan takut itu nggak intens, hanya saat itu aja dan nggak banyak memengaruhi quality of life. Bisa aja sih, pertama kali mengalami lalu merasa fobia, tapi itu pasti diikuti oleh pengalaman lain yang mengingatkan kita pada ketakutan itu.

Kita bisa benar-benar yakin kalau mengalami fobia apabila kita memeriksakan kondisi kita ke ahli seperti psikolog dan psikiater. Itu pun pasti mereka akan bertanya, “Kejadiannya udah berapa lama? Berapa kali menghadapi situasi menakutkan kayak gitu? Apa yang kamu lakukan ketika menghadapinya?” dan lain sebagainya. Dari situ kita bisa tahu, kita emang beneran punya fobia dan harus diterapi atau kita hanya merasakan pengalaman takut yang wajar.

Jangan ngaku-ngaku punya fobia agar terlihat keren dan unik. Gangguan mental bukan sesuatu yang bisa dijadiin bahan buat keren-kerenan, bukan sesuatu yang layak dipamerkan untuk mendapatkan pujian apalagi rasa iba. Orang yang beneran punya fobia biasanya berkeinginan untuk bisa menaklukan rasa takutnya dan sembuh dengan konsultasi ke psikolog, minum obat dari psikiater, sampai ikutan terapi medis dan non-medis. Dan semua itu melelahkan, percayalah.

Tapi… kalau takut nggak bisa memiliki seseorang yang kita cintai termasuk fobia nggak ya? Ups!

Share this:

JOIN CONVERSATION

12 Feed Back:

  1. nah itu males banget ada temenku yang suka melebih-lebihkan fobia ini itu padahal ya cuma takut/jijik biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, semoga kamu ga jadi fobia terhadap temen kamu itu ya hehe

      Btw, thank you udah mampir ^^

      Hapus
  2. Kakaknya , kalo aku fobia kupu-kupu, ada kejadian yang bikin trauma soalnya :(
    Mana ada kerennya sih fobia ginian yang ada juga dibilang aku yang cemen hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Neisia. Kalo fobianya udah ganggu banget kamu coba ikut terapi dgn psikolog terdekat yaaah. Don't let your phobia wins!

      Makasih udah mampir :)

      Hapus
  3. punya fobia sama ketinggian sih, gatau fobia atau nggak, tapi kalau sudah diatas kadang ada rasa pengen loncat saja hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa cari tau ciri-ciri orang yg mengalami fobia kayak apa trus bisa konsultasikan ke ahli hehe jangan langsung loncat ya!

      Makasih ya udah mampir :)

      Hapus
  4. Kalau saya mah fobia sama pantai biru yg airnya crystal clear apa ya? Bawaannya sesak napas pingin terjun sama meluk pantai itu! #halah wkwkw

    Tapi iyanih, bener~ kadang alam bawah sadar yg membuat kita melebih"kan sesuatu. Padahal kalo ga ada org juga biasa aja, tp krn kadang....manusia butuh eksistensi kali ya xD #apasihh xDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho... Haha biasanya orang yg fobia malah bakal menghindar bukan malah pengen meluk :"

      Yaa mungkin ada kalanya kita pengen diperhatiin ya, tapi caranya aja harus yg positif hehe
      Btw, makasih udah mampir!

      Hapus
  5. Setuju banget.. Banyak dari temen2 ku suka melebih lebihkan kalo mereka punya phobia. Padahal kalau extreme, harusnya sebut nama pun mreka udah takut dan cemas

    Thanks kak, great post

    Nadithaa.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuul.. Yg kayak gitu malah sebenarnya ga ngerti fobia itu kayak apa jadi biar terkesan unik ngaku fobia deh huhu

      Thank you juga! Makasih udah mampir :)
      Waah blog baru ya? Semangat nulisnya!

      Hapus
  6. Sijai: kalau aku sih lagi trypophobia, itu mengerikan sekalii

    BalasHapus
  7. Saya sangat senang membagikan kesaksian yang luar biasa ini tentang bagaimana saya mendapatkan kembali mantan saya dengan bantuan pria hebat bernama Ogbidi ini. dia memang seorang spell caster yang sangat kuat, saya terpisah dari suami saya dua tahun yang lalu karena ibu mertua saya. Terima kasih Tuhan telah menggunakan Dr. ogbidi untuk membawa kita kembali bersama untuk selamanya, suamiku sekarang mencintaiku lebih dari sebelumnya. Anda juga dapat menghubungi dokumen hebat ini untuk kesaksian Anda sendiri melalui email: ogbidihomeofsolution1@gmail.com atau whatsapp dia melalui: +2348052523829.
    Semoga Tuhan membantu Anda juga saat Anda menghubunginya. Terima kasih.

    BalasHapus